Berita
PEMILIHAN UMUM KETUA OSIS SMA N 1 RAMBAH SAMO MASA BAKTI 2022-2023

Selasa, 27 September 2022 10:04 WIB | Penulis: Paino | dilihat: 87 kali
Foto: senyum sumringah Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih periode 2022-2023

Sekolah merupakan tempat siswa belajar segala sesuatu termasuk belajar demokrasi. Mempelajari demokrasi tidak hanya teori demokrasi, tetapi dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Membudayakan nilai-nilai demokrasi di sekolah membutuhkan prinsip kebebasan berpendapat, kesamaan hak dan kewajiban, tumbuhnya semangat persaudaraan antara siswa dan guru. Prinsip-prinsip tersebut harus selalu menyertai pembelajaran di kelas pada mata pelajaran apapun. Kehidupan sekolah merupakan jembatan atau transisi bagi anak dalam rangka penanaman nilai-nilai demokrasi dalam diri seorang anak. Dalam hal ini sekolah merupakan pengganti orang tua dalam mendidik seorang anak. Penanaman-penanaman niliai demokrasi ini biasanya dilakukan dengan mengajarkan kepada anak tentang nilai-nilai demokrasi, misalnya melalui pembelajaran di kelas. Untuk mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi yang telah diajarkan maka sekolah memberikan sarana kepada siswa berupa organisasi-organisasi. Organisasi ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa untuk lebih bersifat demokratis, bertanggung jawab, serta menghargai sehingga diharapkan dapat berguna sebagai bekal siswa Yang nantinya akan terjun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kepala SMAN 1 Rambah Samo dalam hal ini diwakili oleh Wakil Kepala bidang kesiswaan Abdulman, S. Ag, M. Hum  mengatakan dalam sambutannya, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS bertujuan agar siswa mengenal proses demokrasi di Indonesia. Kemudian menumbuhkan rasa bertanggung jawab, kesadaran politik, dan sikap kritis. “Menumbuhkan kesadaran politik dan loyalitas bagi siswa SMA itu diperlukan. Tujuannya memperluas wawasan politik, mempersiapkan terjun ke dunia masyarakat dan pemerintahan, kritis dan berjiwa kebangsaan atau nasionalisme. Pendidikan politik ini menyiapkan siswa atau generasi muda untuk berkarya dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat di bidang sosial dan menyiapkan jiwa mereka untuk mengemban tanggung jawab serta memberikan kesempatan menunaikan hak dan kewajiban,” tegasnya.

Sebagai seorang siswa juga harus belajar berdemokrasi dengan membiasakan hidup secara demokratis. Sekolah merupakan tempat yang tepat untuk berlatih dan mengembangkan nilai-nilai demokrasi. Budaya demokrasi dapat dilaksanakan dalam berbagai kegiatan di sekolah.

Kegiatan belajar berdemokrasi di SMAN 1 Rambah Samo adalah dengan menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2022-2023 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Jum’at (23/9/2022). Kegiatan yang digelar di lapangan sekolah ini tujuannya untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Ada lima pasang kandidat yang mengikuti pemilihan. Masing-masing mendapatkan nomor urut yang memudahkan siswa memberikan suara. Nomor urut 1 adalah pasangan Revana dan Andre. Nomor urut 2 Randika dan Restu. Nomor urut 3 Arbima dan Sadewa. Nomor urut 4 Hafist dan Fikri serta Arkan dan Ivio mendapat nomor urut 5.

Sesuai agenda, pencoblosan suara dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 September 2022. Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk  menandatangani absensi siswa sebagai pengganti undangan dan bukti keiikutsertaan dalam menyalurkan hak suara, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan..

Tahap terakhir dari pemilu di SMAN 1 Rambah Samo ini adalah Penghitungan suara. Pasangan nomor urut lima Aufa Arkan dan Ivio unggul dengan 126 suara.